Hebel

Hebel

Memilih Produk Bata Ringan Yang Baik




“ Awalnya, produk beton ringan untuk dinding masuk ke Indonesia sekitar tahun 1985. Namun, baru sekitar tahun 1995 produk ini bisa diterima oleh masyarakat Indonesia,” ujar seorang pemilik salah satu beton ringan.
Sejak masyarakat mulai menerima material ini sebagai pengganti bata maka pasar permintaan beton ringan aerasi menjadi tinggi. Tingginya permintaan ini membuat pasar dipenuhi oleh beberapa produk sejenis dari beragam merk dan bentuk. Hingga saat ini setidaknya ada sekitar 14-an produk beton ringan yang ada di pasaran Indonesia. Dengan banyak produk ini, Anda harus selektif memilihnya.
Hanya produk yang berkualitas yang patut dipilih. Lantas, bagaimana memilih yang berkualitas? Salah satu cara yang termudah adalah membandingkan berat dan menguji porositasnya.
Ketika datang ke toko material untuk mencari produk beton ringan aerasi, Anda akan disodorkan beberapa merek. Meskipun bernama “ ringan “ Anda harus waspada karena beberapa merek tersebut bias jadi tidak ringan bobotnya.
Beton ringan aerasi memiliki bobot sekitar 6-8kg/buah. Jika ternyata berat produk yang ditawarkan lebih berat dari bobot normal beton ringan aerasi maka produk tersebut bukan produk murni beton ringan. Bisa jadi produk tersebut adalah batako yang dimodifikasi bahan penyusunnya.