Hebel

Hebel

Mempersiapkan Rumah untuk Siap Dijual

Ketika anda ingin menjual rumah, Anda perlu melihat rumah anda dengan cara yang berbeda. Berbicara rumah yang akan dijual, berarti berbicara rumah sebagai produk yang mungkin akan mendapat pesaing dari produk lain dengan merk yang berbeda.
Saat ini, banyak pembeli rumah yang tidak mempunyai waktu yang cukup untuk merenovasi rumah yang dibelinya. Oleh sebab itu, Anda perlu membuat rumah yang hendak dijual menjadi siap ditempati oleh penghuni baru. Tulisan ini membantu Anda untuk melakukan yang tepat dan yang kurang baik sehubungan dengan produk Anda tadi. Perikop ini akan memberikan ide dalam memberikan corrective action yang diperlukan untuk mematikan bahwa rumah Anda terlihat fresh, bersih dan terawatt ketika papan “for sale” dipasang di depan rumah.
Perbaiki Lebih Dahulu
Jika Anda berpikir untuk memperbaiki atau menambah beberapa bagian rumah, lakukan terlebih dahulu sebelum dijual. Pembeli potensial tidak tertarik mendengarkan cerita-cerita Anda yang akan memperbaiki kerusakan yang terjadi di beberapa bagian rumah Anda sebelum pemindahan status kepemilikan. Mereka akan mengingat bagian-bagian yang masih rusak ketika melakukan kunjungan ke rumah Anda.
Inspeksi Profesional, Perlu Tidak?
Seorang calon pembeli professional mungkin akan menggunakan bantuan seorang professional untuk melihat kondisi bangunan rumah anda dari atas ke bagian bawah. Untuk itu, merupakan langkah yang patut dipertimbangkan apabila Anda menyewa seorang ahli bangunan memeriksa kondisi rangka atap hingga bagian bawah untuk memastikan pembeli potensial dapat memutuskan untuk membeli.
Mulailah Memeriksa Bagian Terluar: Periksa Daya Tarik Rumah Dari Seberang Jalan
mempersiapkan-rumah-siap-dijual-1
Bagaimana rumah anda terlihat dari luar seberang jalan? Di situlah seorang calon pembeli biasanya akan melihat rumah anda dan di sanalah mereka akan membangun kesan pertama terhadap rumah anda. Berdirilah pada ketinggian tertentu dengan posisi yang dapat memandang rumah anda secara utuh, kemudian mulailah mencatat apa yang anda lihat:
  • Singkirkan setiap rongsokan dan benda-benda yang tidak sedap dipandang dari halaman rumah anda.
  • Perbaiki keretakan atau permukaan jalan setapak menuju rumah anda.
  • Jika ada bagian tanaman yang tumbuh tidak rata karena mati, segera perbaiki permukaan atau tanami kembali. Pangkas bagian pohon yang tidak menarik atau ranting-ranting yang mongering. Tempatkan beberapa bunga yang menarik perhatian. Pastikan rumput halaman terpangkas secara berkala
  • Apakah jendela dan dinding rumah terlihat bersih?
  • Apakah pintu depan perlu dicat kembali?
  • Pastikan bagian atap bebas dari reruntuhan ranting pohon dan list-plank yang membusuk.
  • Apakah teras halaman belakang dan jalan setapak dalam keadaan bersih? Jika tidak, perlu dibersihkan dengan disikat atau dicat seperlunya.
  • Jika tersedia kolam renang, apakah sekeliling kolam dan kolamnya dalam keadaan bersih, tidak ada rontokan daun?
  • Pastikan semua lampu luar menyala. Ganti dengan bola lampu yang baru jika mati, dan bersihkan amartur lampu sehingga tidak terlihat ‘dekil’
  • Apakah ada ‘gazebo’ atau ‘carport’ yang ada sudah menjadi daya tarik.
  • Apakah pintu dan jendela luar perlu didempul ulang? Bahkan setelah 6-7 tahun dempul akan mongering dan mungkin perlu diganti dengan yang baru.
  • Jika ada tiang kayu dekorasi di teras depan, apakah sudah terlihat baik terutama bagian bawah yang terlihat mata. Jika tidak apakah perlu dicat ulang?
  • Jika ada pintu gerbang pagar, apakah sudah diminyaki sehingga tidak berdecit ketika dibuka.
Jika anda selesai memeriksa rumah dari seberang jalan, periksalah bagian lain eksterior rumah anda.
Apakah Atap Rumah Sudah Diperiksa
Jika anda kesulitan memanjat atap, gunakan lensa teropong binoculars untuk memeriksa banyak bagian atap. Jika tidak, berhati-hatilah ketika bekerja atau memindah sesuatu di atas atap. Kecuali bukan merupakanpekerjaan sederhana seperti mendempul ulang atap, sebaiknya gunakan jasa tukang.
  • Periksa kondisi atap secara menyeluruh. Bagian-bagian yang melorot, atap yang melengkung, saluran air pada atap yang rata dan korosi pada atap metal, berarti perlu diperbaiki atau diganti.
  • Sambungan lubang asap atau tiang antena, harus terlihat rapi, tidak retak.
Periksa Dinding Rumah
Kondisi dinding luar rumah akan mempengaruhi secara langsung penampilan rumah anda.
  • Kupas lapisan dinding yang terlepas hingga bersih sebelum di cat kembali.
  • Apakah dinding luar terlihat baik? Jika warna tembok sudah pudar dan retak atau permukaannya pucat, anda perlu mengecat ulang. Pastikan anda memdapatkan penwaran yang kompetitif dari beberapa tukang cat.
  • Dinding berlapis batu alam atau bata teracotta dapat dibersihkan atau diperbaiki, namun memerlukan ketrampilan tukang yang baik.
Selanjutnya kita periksa bagian dalam rumah
Seorang calon pembeli biasanya akan memasuki rumah melalui pintu depan, sehingga dari sinilah anda harus mulai memeriksa interior rumah anda.Anda berharap si pembeli melihat kerapian, kebesihan, interior yang segar. Pastikan karpet atau lantai rumah besih cemelang, dan bahwa dinding dan profil-profil terlihat segar atau baru, terutama dinding berwarna netral atau ringan.
mempersiapkan-rumah-siap-dijual-2
Adakah bau-bauan tidak sedap di dalam rumah? Pastikan lampu penerangan bersih dari debu. Ingat, anda menginginkan rumah anda telihat lapang, cerah dan segar.
Jika ada benda-benda atau aksesori interior yang bersifat sebagai kenangan keluarga, sebaiknya disingkirkan. Ingat, tujuan anda adalah membantu pembeli merasa seolah-olah tinggal di rumah sendiri. Mentel pembeli menjadi sulit menerima apabila mendapati rumah anda diperuntukkan bagi keluarga anda secara khusus.
Interior Seluruhnya
  • Periksa anak tangga apakah ada karpet yang terkelupas / sobek, atau handrailyang patah, pudar atau penyok?
  • Masalah pada umumnya di interior adalah memperindah permukaan dinding, dapat dilakukan dengan mendempul / menutup retak rambut dengan plamur kemudian dicat ulang.
  • Buka dan tutup seluruh jendela untuk memastikan bahwa masih bekerja dengan baik.
Ruang Keluaga, Ruang Tamu, Lorong. Dan Ruang Tidur
Tempatkan mebel seminimal mungkin sehingga ruang terlihat lebih lapang dan lega dari ukuran yang sebenarnya. Pastikan orang dapat keluar masuk melintas antar ruang mengalir tanpa hambatan. Jika ada buku di cabinet atau almari yang menonjol keluar, rapikan atau pindahkan ke tempat lain. Pastikan almari di ruang tidur terlihat terorganisir, tidak menyebar di setiap sudut ruang. Ingat, simpan barang-barang berharga seperti perhiasan, kamera dsb, di tempatnya sebelum mengundang calon pembeli memasuki setiap ruang.
mempersiapkan-rumah-siap-dijual-3
Dapur dan Kamar Mandi
  • Orang akan melihat percikan air di sekitar dapur dan kamar mandi, jadi periksalah bak cuci piring, katup pembuangan air, dan kran. Problem muncul ketika terlihat dinding luar kamar mandi berkapur atau ada rembesan. Pengembunan di kaca jendela dan permukaan tanki WC yang bekeringat mengindikasikan tingkat kelembaban yang tinggi, dapat dikurangi dengan menyalakan kipas angina atau membuka jendela sehingga ada sirkulasi udara.
  • Di dapur, bersihkan seluruh peralatan dapur dari minyak dan noda asap. Bersihkan bagian luar dan dalam almari dapur.
  • Pindahkan dan simpan semua bahan di almari atau almari es. Singkirkan pernik-pernik atau aksesori interior yang merefleksikan kepribadian keluarga anda.
  • Di kamar mandi, di washtafle, bak mandi, kran dari noda air dan karat. Kencangkan kran atau sifon pembuangan yang kendor, dan vacuum gril exhaust fan yang berdebu.
  • Bersihkan kaca cermin, bantalan saklar dan handle almari.
  • Pertimbangkan untuk mengisi air di bak air setinggi noda level air di dinding bak.
  • Jika ada ubin keramik baik di dapur dan kamar mandi, pastikan grouting nat tidak terlepas dan dalam keadaan bersih.
Garasi
Singkirkan peralatan yang rusak dan spare part bekas, sepeda tua, kaleng bekas dan ratusan barang bekas yang biasnya bertumpuk di garasi. Sekali lagi, anda memerlukan ruang yang lapang dan bersih. Gunakan bahan yang tepat untuk membersihkan noda oli di lantai.
Waktunya untuk Menjual!
Setelah anda memeriksa seluruh bagian rumah anda dan menyelesaikan semua persoalannya, sekarang, waktunya ‘open house’, untuk mengundang calon pembeli! Anda perlu sebuah pembagian tugas kepada anggota keluarga untuk menjaga kondisi rumah yang sudah baik hingga laku terjual.