Hebel

Hebel

Tanya Jawab Hebel AAC

Tanya jawab

(A) Pertanyaan umum dari pemilik rumah
Apakah produk Hebel Autoclaved Aerated Concrete(AAC) itu?
Hebel AAC adalah bata ringan pengganti batu bata tradisional.Terbuat dari campuran semen,pasir silica,kapur lalu dicampur air dan bahan pengembang setelah itu diproses Autoclave dengan diberi uap air tekanan tinggi.Bata Ringan AAC terdiri dari banyak gelembung-gelembung kecil yang membuat memiliki ketahanan terhadap panas 4-8 kali dibanding batu bata biasa. Karena itu dapat membantu penghematan energi untuk pemakaian AC (pendingin ruangan).
Mengapa Hebel AAC baik untuk kostruksi tembok?
LeichtBric AAC memiliki banyak kelebihan seperti tahan panas dan kualitas insulasi yang baik. Insulasi terhadap suara telah diuji mengikuti ASTM E90 dan standar ISO 717, Dari hasil uji tes terbukti Hebel AAC sangat sesuai untuk partisi tembok.Ditambah lagi pembangunan konstruksi yang memakai AAC 3 x lebih cepat dibanding memakai batu bata biasa.Hebel AAC dipotong dengan sangat presisi sehingga menjadikan tembok yang sudah terbangun menjadi rata sehingga pemakaian bahan finishing untuk tembok menjadi jauh lebih irit.
Bagaimana dengan kualitas dari Hebel AAC?
Hebel AAC diproduksi memakai teknologi & mesin mutakhir dari Jerman dengan kapasitas produksi terbesar di Indonesia.Hebel AAC diproduksi dengan mengikuti standar Internasional seperti DIN,ASTM,BS,AS/NZ, ISO.
Berapa banyak blok Hebel dibutuhkan untuk 1 m2?
Dibutuhkan 8,33 blok.
Hebel AAC tersedia dalam berapa ukuran?
Ukuran blok standar adalah 600 mm Panjang x 200 mm Tinggi x 100 mm Tebal. Ketebalan blok terdiri dari beberapa ukuran mulai 75 mm,100 mm,125 mm,150 mm,175 mm,hingga 200 mm.
Seberapa awet produk Hebel AAC?
Produk Hebel AAC memiliki durabilitas jangka panjang minimal sama dengan batu bata biasa.
Apakah Hebel AAC produk yang ramah lingkungan?
Ya ,Hebel AAC adalah produk yang ramah lingkungan sebagai bukti Hebel AAC telah memperoleh sertifikasi Green Label dari Dewan Lingkungan Hidup Singapura.Dengan memakai material daur ulang.Hanya menggunakan 1/3 energi untuk memproduksi volume yang sama dibanding batu bata biasa dan 1/4 energi untuk memproduksi semen.

Dalam proses produksi tidak ada sampah & gas racun yang dikeluarkan karena bahan bakunya hanya semen,pasir silica,kapur. Dengan demikian hasil akhir produk Hebel AAC adalah material yang anorganik yang tidak mengandung racun dan bahan yang berbahaya.
Seberapa baikah kekuatan Hebel AAC terhadap api?
Hebel AAC memiliki daya tahan 4 jam terhadap api.Telah di uji tes sesuai dengan standar BS 476.Dan telah memperoleh sertifikasi dari SIRIM (Malaysia),TUV-SUD-PSB (Singapura) dan juga telah diakui oleh Warrington Fire (Australia).
Berapakah berat bersih 1 blok Hebel AAC?
Berat per blok kira-kira 6,5 -8 kg/blok.
Apakah Hebel AAC memiliki petunjuk pemasangan?
Ya, Anda bisa melihat cara pemasangan bata ringan Hebel AAC melalui video instalasi atau membaca buku petunjuk teknis untuk memperoleh pemahaman singkat.
(B) Pertanyaan teknis dari kontraktor/pemborong
Apakah Hebel AAC bisa dipasang menggunakan semen biasa?
Untuk hasil daya rekat yang lebih baik,Kami merekomendasikan untuk memakai mortar (semen instant) perekat bata ringan jenis Thin Bed yang saat ini sangat mudah ditemukan di pasaran.Anda juga bisa mencoba memakai Thin Bed produksi kami dengan merek Hebel AAC.
Berapa banyak perekat bata ringan yang dibutuhkan bila membangun memakaI Hebel AAC?
1 Sak perekat bata ringan pada umumnya dikemas dalam kemasan 40 kg. Dapat digunakan untuk membangun dinding seluas 25 m2 dengan ketebalan perekat 75-150mm.
Membangun dinding dengan menggunakan Hebel AAC apakah akan terbebas dari retak?
Untuk menghindari retak pada dinding harus mengikuti cara-cara pemasangan yang benar mulai dari saat penyusunan blok,pemakaian aksesoris yang tepat hingga pengaplikasian mortar yang benar. Untuk memperoleh hasil yang baik dan tanpa retak disarankan untuk menggunakan aplikator yang berpengalaman.
Apakah harus memakai acian/skimcoat pada dinding Hebel AAC?
Skimcoat/acian dibutuhkan untuk membuat permukaan dinding menjadi lebih halus, mengura-ngi plamir dan menghemat pemakaian cat.
Seberapa tebal pengaplikasian skimcoat/acian tersebut?
Skimcoat/acian cukup diaplikasikan dengan ketebalan rata-rata 2 mm.
Untuk memplaster dinding Hebel AAC apakah bisa memakai cara konvensional?
Tidak,karena memplaster dengan memakai semen/cara konvensional dapat mengakibatkan dinding mudah retak karena adanya perbedaan tingkat muai-susut antara semen dengan blok Hebel AAC.Disarankan untuk plasteran harus menggunakan mortar jenis base plaster atau jenis Render.
Apakah mesh dibutuhkan pada saat memplaster dinding Hebel AAC?
Ya, mesh dibutuhkan terutama pada lokasi yang rawan seperti bukaan untuk jendela atau pintu. Petunjuk pemasangan mesh terdapat pada manual teknikal Hebel AAC.
Bagaimana dengan kuat tekan/compressive strength dari Hebel AAC?
Kuat tekan Hebel AAC dibuat sesuai dengan kebutuhan bangunan.Spesifikasi standar sekitar 3N/mm2 atau 3Mpa.
Apakah blok yang basah bisa dipasang setelah terkena air hujan?
Tidak, seperti material bangunan pada umumnya ,produk harus dikeringkan terlebih dahulu.
Apakah mesh dibutuhkan pada saat memplaster dinding Hebel AAC?
Ya, mesh dibutuhkan terutama pada lokasi yang rawan seperti bukaan untuk jendela atau pintu. Petunjuk pemasangan mesh terdapat pada manual teknikal Hebel AAC.
Apakah saya harus mengaplikasikan waterproofing pada dinding Hebel AAC?
Ya, terutama pada daerah basah seperti kamar mandi,gunakan pelapis tekstur akrilik pada permukaan untuk mencegah rembesan air.Seluruh blok Hebel AAC yang terletak pada lantai harus diaplikasikan waterproofing membrane.
Dapatkah saya menggunakan Hebel AAC di kamar mandi?
Ya, Hebel AAC umumnya digunakan untuk memblokir paku-paku di sekitar bak mandi.catatan, itu harus dilapisi dengan membran tahan air yang sesuai..