Hebel

Hebel

Cara Mengganti Bata Ringan Yang Rusak

Mengganti Bata Ringan Yang Rusak

Mungkin selama ini Anda merasa bingung menghadapi dinding rumah yang mengalami kerusakan kecil. Anda ingin memperbaikinya, tapi anggaran untuk membobok dinding belum tersedia. Namun, jika tidak diperbaiki, keindahan rumah Anda akan berkurang. Tahukah Anda, jika sebagian kecil bata di dinding Anda mengalami kerusakan, Anda tidak perlu repot merombak seluruh sisi dinding Anda, cukup mengganti bata-bata yang mengalami kerusakan saja.

Jika kebetulan dinding bata Anda mengalami kerusakan kecil, Anda masih bisa memperbaiki bagian yang mengalami kerusakan saja. Namun ini hanya berlaku jika kerusakan yang terjadi berkisar pada 1-4 buah bata yang berdampingan. Perbaikan minor ini juga hanya bisa dilakukan jika dinding yang rusak bukan merupakan dinding yang merupakan bagian dari rangka struktural bangunan.

Untuk perbaikan dinding yang merupakan bagian struktural bangunan, sebaiknya Anda menggunakan bantuan jasa ahli bangunan. Namun, jika perbaikan minor yang Anda butuhkan, simak langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Angkat bata Ringan yang ingin diganti, caranya:
  • Langkah pertama dan paling penting adalah mengenakan perangkat pengaman sebelum Anda melakukan apapun. Siapkan pelindung mata dan sarung tangan kulit untuk melindungi Anda dari kemungkinan terburuk.
  • Dengan bantuan alat pahat dan palu berat, pecahkan bata ringan yang rusak satu per satu. Jika Anda hendak mengganti lebih dari satu bata, mulailah dari bagian atas, kemudian ke bawah. (Anda dapat menggunakan bor untuk membobok potongan bata ringan. Bor di beberapa titik untuk memudahkan pembobokan menggunakan alat pahat dan palu.)
  • Jangan lupa untuk tidak ikut merusak bata Ringan lain di sekelilingnya yang masih dalam kondisi baik.
  • Setelah bata ringan dibobok, bersihkan juga sambungan mortar di sekelilingnya agar ruang kosong untuk bata penggantinya benar-benar bersih. Jika perlu, gunakan sikat kawat dan vacuum cleaneruntuk membersihkan sisa-sisa mortar yang rontok atau debu-debu di sekitar bata.
  • Kemudian bersihkan ruang kosong tersebut dengan air.

Langkah 2: memasang bata ringan baru, caranya:
  • Untuk menghasilkan pasangan bata ringan yang rapi gunakan (Pasangan Bata & Plester) dari Semen Instan. Mulailah dengan membuat adukan, dengan cara mencampurkan mortar kering dengan air.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya celah kosong yang akan diisi oleh bata dibersihkan terlebih dahulu dari debu dan kotoran.
  • Sebelum dipasang, basahi bata ringan terlebih dahulu. Selain untuk membersihkan dari debu dan kotoran, juga membantu merekatkan adukan dengan bata ringan.
  • Setelah itu, ‘oleskan’ mortar ke bagian atas dan sisi samping bata, kemudian pasang bata ke ruang kosong yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Saat memasang bata ringan, karena tekanan yang Anda berikan, mortar akan berceceran ke luar. Tekan terus hingga bata baru tadi rata, sejajar dengan bata-bata ringan lainnya. Ratakan juga sambungan mortar sehingga tidak ada bagian yang berjatuhan karena berlebihan pada pasangan bata ringan.
  • Ratakan sambungan mortar hingga rapi dan tidak menggumpal di permukaan dinding.
  • Jika pasangan bata ringan baru tadi sudah hampir kering, gunakan sikat kawat untuk membersihkan mortar yang berlebih.
Langkah 3: membuat bata ringan dan sambungan mortar tadi tetap lembab agar bisa segera berfungsi seperti semula, caranya: semprotkan air sedikit demi sedikit dan biarkan selama tiga hari hingga dinding bisa digunakan secara normal.