Hebel

Hebel

Cara Renovasi dengan Pasangan Bata Ringan

 

Cara Renovasi dengan Pasangan Bata Ringan


Penghuni rumah Anda bertambah? atau Anda dan keluarga sudah jenuh dengan tampilan rumah Anda? Renovasi adalah kuncinya.

Perhatikan sekeliling rumah Anda, apakah masih ada lahan kosong untuk menambah sedikit ruang. Jika iya, Anda pastinya tidak akan mengalami masalah. Namun, bagaimana jika tidak.

Jika tidak ada lagi lahan yang bisa digunakan, baik bagian samping maupun atas rumah, Anda bisa merenovasi sedikit bagian dalam rumah Anda. Buat ruangan yang tidak terlalu besar di bagian yang saat ini terasa cukup luas, misalnya ruang tamu, ruang televisi atau bahkan teras rumah Anda.

Supaya kegiatan merenovasi di dalam rumah tidak mengganggu dan membuat kotor seisi rumah, gunakan semen instan untuk pasangan bata ringan dan semen instan plester. mudah digunakan dan siap pakai, Anda hanya perlu menambah air dan Semen instan siap digunakan. Dengan Semen Instan, kegiatan merenovasi rumah akan lebih bersih dan debu juga berkurang, karena tidak perlu membeli dan mencampur semen dan pasir secara terpisah. Aplikasi adukan Semen instan lebih tipis, sehingga menghemat penggunaan bahan adukan dan hasilnya pasangan bata akan lebih rapi dan permukaan dinding lebih halus.

Sebelum Anda mulai memasang bata, siapkan beberapa alat kerja, seperti roskam, jidar panjang dari baja atau alumunium. Setelah itu lakukan pengadukan, dengan cara:
  • Masukan adukan kering Semen instan ke dalam bak adukan.
  • Tuang air sebanyak 6,0-6,5 liter untuk kantong Semen instan pasangan bata ringan.
  • Aduk campuran diatas hingga rata.
Kemudian, bersihkan dasar permukaan dari serpihan, kotoran dan minyak yang dapat mengurangi daya rekat adukan. Lalu, pasanglah bata dengan tebal spasi 10 mm. Jangan lupa untuk membasahi bata ringan yang hendak dipasang dengan air terlebih dahulu. Ini dilakukan karena bata memiliki daya serap air yang cukup tinggi, yaitu sebesar 20 gram/menit. Kemampuan yang dimiliki bata ringan ini bisa membuat campuran mortar mengalami dehidrasi sebelum proses pengerasan terjadi karena terserap oleh bata kering. Oleh karena itu, sebaiknya basahi dulu bata bata sekitar 1-2 menit sebelum dipasang.

Jika menggunakan semen pasangan bata, dalam 1 x 24 jam setelah bata ringan selesai dipasang, Anda sudah bisa mem-plester dinding bata tersebut menggunakan plestaran dan 1x24 jam selanjutnya Anda bisa mengacinya menggunakan acian.