Membangun rumah yang hemat energi listrik merupakan suatu keputusan yang bijak untuk masa depan Anda. Selain menjaga dompet Anda dari pengeluaran yang tidak perlu, rumah hemat energi juga dapat ditata sedemikian rupa hingga tampak cantik dan futuristik.
 Beberapa trik simpel yang bisa Anda lakukan untuk menghemat listrik rumah Anda.

1. Pakai bata ringan AAC
Gunakan bata ringan AAC untuk bangun atau renovasi rumah anda. Bata AAC memiliki kualitas menjaga suhu yang baik. Hebel AAC juga memiliki pori-pori kecil dimana Hebel mampu menjaga suhu ruangan tetap sejuk meski di luar rumah sedang panas ataupun tetap hangat meski di luar sedang dingin. Kemampuan ini membuat lebih hemat dalam pemakaian AC dan meningkatkan efisiensi energi. Hebel AAC tidak terpengaruh suhu iklim karena itu Hebel lebih awet karena tidak terdegradasi karena perubahan iklim, terutama perubahan iklim yang ekstrem.

2. Pasang kipas besar di langit-langit rumah
Tidak semua ruangan di rumah harus terpasang AC. Penggunaan AC sebenarnya bisa digantikan dengan adanya kipas besar di tengah ruangan yang dipasang di langit-langit rumah. Saat ini juga banyak model kipas langit-langit yang memiliki bentuk unik dan bisa disesuaikan dengan desain interior rumah Anda. Mengganti AC dengan kipas juga mengurangi daya listrik yang cukup lumayan ketika digunakan sesekali waktu. Pastikan Anda menggunakan bata ringan AAC agar suhu luar ruangan tidak mudah merambat ke dalam.

3. Mainkan nuansa warna cat dinding untuk mengganti penggunaan lampu
Warna dinding berpengaruh dalam menentukan pencahayaan di dalam rumah. Pilih cat bernuansa warna orange untuk nuansa cahaya yang lebih hangat, dan pilih cat dinding warna biru dan turunannya jika menginginkan nuansa rumah yang lebih dingin. Pembuatan dinding rumah dengan bata ringan AAC membut pengerjaannya lebih rapti dan cepat.

4. Gunakan lampu LED
Ganti lampu di rumah dengan menggunakan lampu LED. Lampu LED mampu mengurangi penggunaan listrik hingga 40% dibanding lampu bohlam. Beberapa orang tidak mau menggunakan lampu LED karena lampu LED tidak menghasilkan cahaya kuning dan memberikan nuansa hangat. Tetapi seiring dengan perkembangan jaman, lampu LED pun mulai diproduksi untuk warna hangat.

5. Maksimalkan pengguaan jendela dan ventilasi
Model jendela hingga ke langit-langit rumah memudahkan cahaya matahari masuk ke rumah dan menghemat penggunaan lampu saat siang hari. Pasang jendela besar di area-area yang banyak disinari cahaya matahari. Jendela yang besar juga memberikan keuntungan memberikan warna cahaya yang dapat mempercantik interior rumah.

6. Gunakan filter film di jendela
Banyaknya cahaya matahari yang masuk ke rumah memang memberikan banyak keuntungan di dalam rumah. Tetapi juga menimbulkan dampak mempercepat kusamnya perabot rumah dan banyak debu yang masuk ke rumah. Untuk mengurangi hal itu, pasang filter film di jendela rumah bata ringan AAC , sehingga mengurangi cahaya matahari yang terlalu banyak.

7. Pilih atap yang dingin
Ada banyak bahan atap yang bisa dipilih seperti menggunakan genteng, beton, atau keramik. Dengan memilih jenis atap yang dingin, dapat mengurangi penggunaan AC atau kipas angin di dalam rumah bata ringan AAC .

8. Gunakan tanaman
Tanaman tidak hanya merupakan sumber oksigen atau dekorasi rumah, tetapi dengan adanya tanaman, Anda dapat mengatur kondisi suhu di dalam rumah dan mengatur masuknya cahaya matahari yang masuk ke rumah.

Mengikuti tips di atas tidak hanya mengurangi konsumsi pemakaian listrik di rumah, tetapi juga mempercantik rumah Anda. Dengan menghemat listrik, Anda juga dapat menghemat uang Anda untuk kenyamanan masa depan Anda.