Baru – baru ini seorang pelanggan kebingungan ketika memasang foto keluarganya pada permukaan dinding beton ringan. Setiap kali, setelah mencoba memaku, paku tersebut lepas kembali, sampai akhirnya terbentuk lubang yang cukup besar. Ternyata memang tidak boleh memaku sembarangan di atas permukaan dinding bata ringan. Menggunakan angkur yang tepat, dinding bata ringan bisa dibebani hingga ratusan kilogram.

Menurut Muljady Wongsonegoro, Dipl. Ing.,Managing Director PT BBP, distributor Fischer di Indonesia, untuk memasang gantungan di dinding berbahan beton ringan aerasi harus menggunakan angkur nilon khusus yang memiliki daya cengkram yang kuat di permukaan dinding. Sifat bahan dinding yang mudah rapuh membuat dinding ini tak boleh sembarang dipaku. Jika dipaksakan menggunakan paku, bagian dalam beton aerasi akan cepat terkelupas sehingga rekatan antara paku dan dinding tak ada. Ujung ujungnya paku akan terlepas dari dinding.

 Angkur nilon untuk beton aerasi berbeda dengan yang digunakan di permukaan bata. Angkurnya memiliki beban khusus untuk menyimpan debu hasil pengeboran permukaan dinding. Selain itu nilon tidak mengembang ketika sekrup masuk ke dalam dinding. Ini berbeda dengan nilon dinding bata yang akan mengembang ketika angkur sudah masuk ke dalam dinding. Nilon yang mengembang seperti ini bertujuan untuk mencengkram kekuatan di dinding. (Tabloid Rumah edisi 160 – VII, hal. 19)

Fixing system yang sering digunakan untuk bata ringan adalah merk Fischer dan Hilti. Untuk merk Fischer yang umum digunakan adalah Fischer plug SX, Turbo Aerated Anchor FTP, Fischer GB Aircrete Anchor, dan Fischer Injection system (FIS). Fischer Plug SX terbuat dari nilon merupakan part yang paling sering digunakan. Untuk kuat tarik dan kuat geser yang lebih besar digunakan Turbo Aerated FTP yang berbahan dasar metal atau Fischer GB Aircrete anchor dengan bahan dasar Nilon. Produsen lainnya Hilti mengeluarkan beberapa type Metal Frame Anchor dan Universal Anchor yang berbahan dasar nylon. Informasi lebih lanjut mengenai kedua merk angkur tersebut dapat dilihat di website online catalogue Fischer dan Hilti.

Dengan sistem angkur yang memang diciptakan khusus untuk beton ringan, kita dapat menggantungkan berbagai barang di dinding Beton ringan mulai dari Foto Keluarga, Indoor AC, hingga ke barang yang berat seperti Outdoor AC, Kitchen Set, dan wastafel dan kloset gantung.

Angkur Fischer Type GB


Angkur Fischer Type FTP


Angkur Fischer Type SX


Link : istembetonringan.blogspot.com